Rabu, 20 Maret 2019

Fungsi, Mencetak dan Menampilkan Comment Pada Excel

Comment di Excel adalah fitur yang berfungsi memberikan informasi yang dapat anda tambahkan pada sel untuk membantu orang lain memahami maksud sel tersebut atau membuat catatan mengenai deskripsi sel, formula yang terdapat di dalamnya, dari mana data di input dan lain-lain. Sel yang memuat comment sangat mudah diidentifikasi, pada pojok kanan sel akan terlihat segitiga merah yang terkait dengan komentar yang anda buat. Secara default komentar yang dimuat sel pada Excel tidak akan tampil saat sheet pada excel di cetak / Print. Berikut cara membuat, mengedit, mencetak, menyembunyikan dan menampilkan comment pada Excel.

A. Cara Membuat Comment Pada Microsoft Excel

Cara membuat Comment pada Excel
Cara membuat Comment pada Excel
  1. Klik sel yang akan dimuat comment
  2. Klik Review Tab pada Ribbon
  3. Klik New Comment
  4. Tulis Comment pada kotak komentar
  5. Klik area lainnya


B. Cara Menghapus, Mengedit, Menampilkan dan Menyembunyikan Comment Pada Microsoft Excel
Secara default, Microsoft Excel akan menampilkan comment ketika pengguna mengarahkan / hover mouse pada sel yang memuat komentar. Anda juga dapat menampilkan dan menyembunyikan Comment secara permanen melalui tombol perintah pada tab Review pada Ribbon.

Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Comment Pada Excel
Cara Menyembunyikan dan Menampilkan Comment Pada Excel
  • Show/Hide Comment berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan komentar sel yang disorot.
  • Show Hide All Comment berfungsi untuk menampilkan atau menyembunyikan komentar pada worksheet.
  • Show Ink merupakan fitur yang berfungsi untuk membuat serta menampilkan comment yang dibuat dari stylus atau touchscreen.
  • Edit Comment berfungsi untuk mengedit komentar pada sel yang disorot.
  • Delete Comment berfungsi untuk menghapus komentar yang disorot.
  • Previous Comment berfungsi untuk berpindah ke komentar sel sebelumnya.
  • Next Comment berfungsi untuk berpindah ke komentar sel selanjutnya.



C. Cara Mencetak / Printing Comment Pada Microsoft Excel
Seperti dijelaskan diatas secara default komentar tidak akan melewati proses printing. Anda dapat merubah pengaturan page setup untuk mencetak Comment Pada Microsoft Excel.
  1. Klik Print pada Tab Menu File
    Mencetak Komentar Pada Excel
    Mencetak Komentar Pada Excel
  2. Klik Page Setup pilih Tab Sheet
    Page Setup Comment
    Page Setup Comment
  3. Pada kolom Comment anda dapat merubah None menjadi
    • At end of sheet untuk menampilkan catatan komentar pada akhir lembar kerja
    • As displayed on sheet untuk menampilkan komentar langsung pada lembar kerja
  4. Klik OK
  5. Print lembar kerja Excel.



Sumber : https://www.advernesia.com/blog/microsoft-excel/fungsi-mencetak-dan-menampilkan-comment-pada-excel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar