Pengertian Sel Pada Microsoft Excel
Berdasarkan definisi sel dalam excel sehingga dapat dibuat ilustrasi dari Sel C3 sebagai berikutCara Memasukkan Data pada Sel
- Pilih Sel dengan mouse atau keyboard (menggunakan Tab untuk berpindah kolom, Enter berpindah baris dan tombol arah)
- Masukkan data langsung pada Workbook atau melalui Formula Bar
- Tekan Ctrl+Enter untuk menyimpan isi data atau tombol Tab, Enter atau arah untuk menyimpan dan berpindah Sel
Pengertian Range Pada Microsoft Excel
Range adalah sekumpulan sel yang diidentifikasikan dengan Nama Sel sebagai Alamat Sel di kiri atas dan Alamat Sel di kanan bawah. Misalkan anda akan menyorot range pada lembar kerja Excel dapat dilakukan dengan 2 cara- Menggunakan drag mouse
- Kik salah satu sel tanpa dilepas
- Drag ke sel berikutnya
- Menggunakan keyboard
- Pilih salah satu sel
- Tekan Shift tanpa dilepas
- Arahkan dengan tombol arah pada keyboard untuk memilih entri range
Shortcut Keyboard | Fungsi / Kegunaan |
Ctrl+Space | Memilih semua entri dari kolom aktif |
Shift+Arah lalu Crtl+Space | Memilih semua entri dari multi kolom aktif |
Shift+Space | Memilih semua entri dari baris aktif |
Shift+Arah lalu Shift+Space | Memilih semua entri dari baris kolom aktif |
Shift+Arah | Cara biasa memilih sel range |
Shift+Ctrl+Home | Memilih sel dari sel aktif ke sel awal (A1) |
Shift+Ctrl+End | Memilih sel dari sel aktif ke sel terkhir yang berisi data |
Ctrl+A atau Ctrl+Shift+Space | Memilih seluruh sel pada lembar kerja aktif |
Alamat Sel Pada Microsoft Excel
Alamat sel adalah nama sel yang mengidentifikasikan sel dalam baris dan kolom. Dalam penggunaannya Alamat Sel sering digunakan untuk membentuk pola suatu formula terhadap data-data dalam worksheet. Penerapannya sering digunakan saat akan mengunci sel pada Excel.Dalam penggunaan formula terdapat 3 Alamat Sel pada Excel.
-
Alamat Sel Relatif Excel
Alamat Sel Relatif Excel adalah alamat sel yang berubah-ubah sesuai dengan letaknya, sehingga alamat sel akan berubah jika di copykan ke sel lainnya. Secara default alamat sel Microsoft Excel bersifat relatif. Berikut contoh: Sel C2 = A2+B2
Ketika sel dicopy, hasil formulasi sel bersifat relatif sebagai berikut
Terlihat hasil yang ditampilkan merupakan formulasi dari sel-sel yang bersesuaian (relatif), dapat dilihat formula tiap sel dengan Ctrl+` adalah sebagai berikut
-
Alamat Sel Semi Absolut Excel
Alamat Sel Semi Absolut Excel adalah alamat sel yang bersifat absolut di satu pembentuknya saja baik kolom atau baris, absolut berarti mempunyai nilai tetap (tidak berubah). Untuk membuat Alamat Sel menjadi semi absolut anda dapat menambahkan $ sebelum kolom atau baris yang akan dibuat absolut. Misalkan: baris pada sel A2 dibuat menjadi semi absolut menjadi A$2, atau kolom pada sel A2 dibuat menjadi semi absolut menjadi $A2.
Contoh: D2=A$2+B2, hal ini berarti baris A bersifat relatif dan baris 2 bersifat absolut pada Alamat Sel A$2
Ketika sel dicopy, hasil formulasi sel bersifat semi absolut di A$2 sebagai berikut
Dapat dilihat formula tiap sel dengan Ctrl+` adalah sebagai berikut
Sehingga dikutahui hasil copy Alamat Sel A$2, baris 2 tidak pernah berubah. Anda juga dapat membuat ALamat Sel Semi Absolut pada kolom dengan menggunakan $A2. -
Alamat Sel Absolut Excel / Mengunci Sel Pada Excel
Alamat Sel Absolut adalah alamat sel yang bersifat absolut pada kolom dan barisnya sehingga alamat sel tidak pernah berubah jika dicopy ditempat lain. Untuk membuat sel menjadi absolut, tambahkan karakter $ sebelum kolom dan baris alamat sel.Contoh: D2=$A$2+B2, baris dan kolom di alamat sel $A$2 bersifat absolut
Ketika sel dicopy, hasil formulasi sel bersifat absolut di $A$2 sebagai berikut
Dapat dilihat formula tiap sel dengan Ctrl+` adalah sebagai berikut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar